Senin, 21 November 2011

GREEN CITY


“Green City” jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Kota Hijau. Namun Green itu sendiri bukan hanya sekedar menanam pohon, membuat taman sebanyak mungkin, membuat seluruh kota menjadi hijau, melainkan bagaimana kita bisa membangun sebuah kerharmonisan kota terhadap alam dalam kehidupan perkotaan. Salah satunya yaitu RTH (Ruang Terbuka Hijau), RTH ini sendiri hanyalah alat, sedangkan yang seharusnya dan sebaiknya adalah bagaimana kita mengamankan dan mempertahankan sebanyak mungkin jenis-jenis ekosistem yang ada, keanekaragaman yang ada, hubungan tata lingkungan yang ada dan mengatur semua itu agar dapat selaras dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat. Dan alangkah baiknya suatu RTH memiliki fungsi yang beragam, baik dari segi ekologi, ekonomi, dan sosial, seperti suatu tanaman harus mempunyai daya dukung ekologis yang tinggi serta mampu dengan baik menetralisir kondisi lingkungan, sebagai wahana rekreasi, dan menghasilkan tanaman yang produktif. Untuk menjaga ketersediaan RTH, ekosistem dan keanekaragaman diperlukan kesadaran dari pemangku kepentingan, baik itu pemerintah pusat maupun daerah, pelaku ekonomi / pengembang, serta masyarakat . Dari sisi pemerintah, diperlukan ketegasan dalam penegakan hukum, sisi masyarakat yaitu menumbuhkan kesadaran dan memahami akan arti penting RTH, serta dari sisi swasta, yaitu mengikuti aturan yang telah ada terutama dalam pendirian bangunan dan mengembangkan inovasi penataan ruang yang lebih memperhatikan aspek lingkungan.


Green City atau kota hijau akan dapat terlaksana dengan baik, apabila dari pemerintah pusat maupun daerah, pelaku ekonomi / pengembang dan masyarakat dapat mengurangi penggunaan bahan-bahan yang tidak dapat di daur ulang, mendorong pendirian bangunan yang hemat energi dan ramah lingkungan, menambah luasan areal terbuka hijau, mendukung berkembangnya sistim transportasi publik yang ramah lingkungan, dan mengembangkan program daur ulang bagi sampah dan limbah kota.


Nah.. sebagai contoh ada beberapa kota di dunia bahkan telah mengusahakan untuk menjadikan kota mereka sebagai kota yang hijau dengan penggunaan energi yang benar-benar murni dari alam namun tidak mengeksploitasi alam. Berikut adalah 5 kota paling 'hijau' yang menggunakan energi alam untuk kehidupan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar